About Us

Internet Governance Forum (IGF) adalah sebuah forum Tata Kelola Internet yang berisikan multistakaholder dari berbagai profesi yang berasal dari beberapa negara, terkait didalam dunia teknologi informasi dan komunikasi yang tergabung didalam Perserikatan Bangsa-Bangsa. Indonesia adalah merupakan salah satu anggota dari IGF dengan banyak Multistakeholder dari berbagai kalangan seperti dari kalangan Pendidikan, Bisnis, Masyarakat Sipil dan Pemerintahan. Dan setelah deklarasi (2012) yang dicapai oleh multistakeholder yang tergabung didalam nya, maka dibentuklah Indonesia Internet Governance Forum atau ID-IGF (Forum Tata Kelola Internet Indonesia).

ID-IGF adalah sebuah organisasi atau forum yang bersifat perkumpulan yang terdiri dari multistakeholder dari dunia pendidikan, dunia usaha, masyarakat sipil dan pemerintahan. Adapun pendapatan yang didapat berasal dari para multistakeholder dan para stakeholder lainnya, dimana pendapatan tersebut dapat berbentuk apapun dan digunakan sebaik-baiknya untuk menunjang program kerja dan pengembangan organisasi atau forum ini.

Didalam Organisasi Forum Tata Kelola Internet Indonesia atau Indonesia Internet Governance Forum (ID-IGF) ini, ada posisi yang menjebatani atau mewakili Komunitas internet seluruh Indonesia atau semua stakeholder atau dapat disebut pula multistakeholder secara keseluruhan. Posisi tersebut adalah Multistakehlder Advisory Group atau MAG. Secara struktural, sistem kerja MAG adalah sebagai berikut;

 

  Sistem Kerja MAG ID-IGF

  1. Sistem Pengambilan Keputusn:
  2. Keputusan tertinggi: konsensus dalam rapat umum anggota MAG; keikutsertaan via online dimungkinkan(masih dalam pembahasan lanjut mengenai tatacara pelaksanaannya / prosedurnya)
  3. Hasil rapat dipublikasikan dalam web ID IGF
  • Tim untuk per tema diskusi: pembagian tim berdasarkan keahilan dari anggota MAG (subject matter expert) untuk tema yang mau diangkat, dengan komposisi setiap stakeholder terwakili
  1. Sistem Keuangan:
    1. Sistem keuangan (Prosedur Operasional) akan dibuat lebih detil dan menjadi bagian dari dokumen ini.
    2. Laporan keuangan minimal satu tahun sekali (disesuaikan dengan kegiatan) dibuat oleh Sekretariat ke MAG ID IGF
  • MAG ID IGF memberikan laporan umum ke publik
  1. Sistem Pelaporan Narasi:
    1. Laporan kegiatan ID-IGF dibuat oleh Sekretariat setiap tiga bulan sekali
    2. Laporan kegiatan dilakukan oleh Sekretariat bersama Organizing Committee

Laporan tahunan dibuat oleh MAG ID-IGF secara rutin ke publik melalui web.

 

*Detail mengenai MAG lebih jelas dapat dilihat di page Contact Us

 

Comments are closed.